Resume Komitmen Aqua Terhadap Kelestarian Lingkungan Hidup

 Resume Komitmen Aqua Terhadap Kelestarian Lingkungan Hidup


Aqua merupakan perusahaan air minum yang telah puluhan tahun berkembang dengan meningkatkan pelayanan dan kwalitas dari air minum yang di jual. Karena berasal dari sumber mata air murni di pegunungan maka perusahaan air minum ini juga didirikan di kaki bukit gunung. Lokasi pembangunan pabrik yang dekat gunung atau kaki gunung dikarenakan air yang berasal dari gunung merupakan air yang jernih dan benar-benar bersuh. Inilah yang menjadi salah satu ciri khas Aqua sebagai air minum yang berasal dari mata air murni. Strategi pemasaran Aqua yang dulunya menggunakan slogan air sehat setiap saat ini ternyata mendongkrak penjualan dari tahun ke tahun. 


PT Aqua Golden Misssissippi berdiri pada 23 Febuari 1973 dengan pabrik pertama di Bekasi dengan nama Golden Mississippi dengan jumlah karyawan 38 orang. Tirto mendirikan pabrik utama nya di Pondok Ungu, Bekasi, dan menamai pabrik itu Golden Mississippi dengan kapasitas produksi enam juta liter pertahun.


Berikut beberapa strategi pemasaran Aqua yang sampai saat ini masih dijalankan agar tetap laku dipasaran:


• Slogan

Aqua membuat suatu slogan yang mudah di ingat dan di kenal masyarakat, dengan slogan "air sehat setiap saat" ini ternyata Aqua mampu mendongkrak penjualan yang luar biasa.


• Promosi 

Seperti kita ketahui bahwa banyak sekali iklan produk dengan merek Aqua yang mengisi setiap iklan di televisi, radio maupun di media cetak. inilah salah satu strategi pemasaran Aqua yang dijalankan.


• Pelayanan 

Pelayanan sangat penting bagi suatu perusahaan kepada konsumennya sehingga Aqua juga memberikan pelayanan yang baik bagi konsumennya di seluruh Indonesia. Melalui distributor Aqua di seluruh Indonesia ini Aqua biss memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggannya.


• Packaging Yang Baik

Packaging juga memberikan dampak luar biasa bagi distribusi Aqua sehingga penjualan bisa bertambah dari waktu ke waktu.


• Saluran Distribusi

Aqua memiliki banyak saluran distribusi untuk menyuplai kebutuhan air minum dengan merek Aqua baik di kota maupun pelosok. Hampir semua wilayah di Indonesia sudah ada distrbutor air minum ini.


Persuasif pada prinsipnya merupakan upaya menyampaikan informasi dan berinteraksi antar manusia dalam kondisi di mana kedua belah pihak sama-sama sepakat untuk melakukan sesuatu yang penting bagi kedua belah pihak.


Ciri-ciri kalimat persuasif adalah sebagai berikut:

• Bersifat mengajak atau membujuk

• Penggunaan tanda baca seru (!), terutama jika kalimat persuasifnya memerintah.

• Berbentuk paragraf jika dibuat untuk pidato, ceramah, berita, dan lain sebagainya.

• Umumnya digunakan untuk promosi

• Menarik perhatian terutama jika diperuntukan untuk promosi atau iklan

• Mengandung kata ajakan, misalnya marilah, cobalah, ayolah, janganlah, dan masih banyak lagi

• Menarik dan bisa dipertanggungjawabkan

• Paragraf persuasif yang disertai dengan bukti lebih meyakinkan

• Lebih menarik lagi jika kalimat persuasif dibuat berima

• Mudah di mengerti

•Biasanya menggunakan segala upaya yang memungkinkan pembaca terpengaruh

• Kadang-kadang menggunakan alasan yang tidak objektif

• Dalam iklan. karangan persuasi ini disebut juga persuasif-provokatif


Kampanye persuasif Aqua Danone:

• Menggunakan kampanye #hastag seperti:

a. #bijakberplastik tujuannya mengajak turut aktif masyarakat dalam menyelesaikan masalah plastik di Indonesia, mengajak turut serta masyarakat melestarikan lingkungan hidup masyarakat Indonesia.

b. #semuaberawaldarikita tujuannya mengajak turut serta masyarakat untuk memulai hidup sehat dari sekarang seperti istirahat yang teratur, istirahat yang cukup, berolahraga, minum air yang cukup, menghindari stres dan berifikit positif tentang hidup.


• Iklan-iklan Aqua yang kekinian dan milenial, seperti:

a. Mengajak masyarakat meminum Aqua minimal 4 botol 600ml sehari, untuk menjaga hidrasi

b. Bersama aqua lindungi diri, lindungi sesama 


• Slogan Aqua yang persuasif

a. Apapun aktivitasmu Aqua dulu

b. Cuaca panas, hati ikut panas? ademin pake Aqua dulu

c. Yang lagi stres, yuk ambil Aqua tenangkan diri dan jaga hidrasi sehatmu


Kampanye persuasif yang dilakukan oleh Aqua Danone adalah bagian komitmen jangka panjang untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang penting nya hidup dan menjaga kelestariannya. hal tersebut di terjemahkan dengan baik oleh Danone Aqua ke dalam program-program reguler kampanye nya.

Komentar