Pengertian Kampanye dan Fungsinya
Pengertian Kampanye dan Fungsinya
• Pengertian Kampanye
kampanye adalah salah satu aktivitas yang manusia lakukan di berbagai bidang kehidupan untuk mencapai hasil yang mereka inginkan.
Pada prinsipnya, kampanye merupakan suatu proses kegiatan komunikasi individu atau kelompok yang dilakukan secara terlembaga dan bertujuan menciptakan sesuatu efek atau dampak tertentu.
Ada beberapa ahli yang turut menyumbangkan buah pikirannya terkait definisi kampanye, seperti rogers dan storey (1987) yang mengatakan kampanya adalah serangkaian tindakan komunikasi yang terencana dengan tunuan untuk menciptakan efek tertentu pada sejumlah besar khalayak yang dilakukan secara berkelanjutan pads kurun waktu tertentu (Venus, 2004:7)
Merujuk pada definisi-definisi tersebut, dapat disimpulkan kampanye adalah tindakan komunikasi yang bertujuan mendapatkan pencapaian dukungan. Usaha kampanye bisa dilakukan perorangan atau sekelompok orang yang terorganisir untuk melakukan pencapaian suatu proses pengambilan keputusan di dalam suatu kelompok. Kampanye bisa juga dilakukan guna memengaruhi, penghambatan, atau pembelokan pencapaian.
Kegiatan kampanye memiliki beberapa unsur penting di dalam nya, antara lain:
• Kegiatan kampanye bertujuan untuk menciptakan dampak atau efek tertentu
• Sasaran kampanye adalah khalayak dalam jumlah yang besar
• Kegiatan kampanye umumnya fokus dalam waktu tertentu
• Kampanye dilakukan melalui serangkaian tindakan komunikasi yang terorganisir.
• Jenis Kampanye
Kampamye dapat dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:
- Kampanye berdasarkan orientasi
- Kampanye berdasarkan isi
a. Kampanye Berdasarkan Orientasi
• Product Oriented Campaigns
Kampanye yang berorientasi pada produk. Umumnya terjadi di lingkungan bisnis dan berorientasi komersial, seperti peluncuran produk baru. Kampanye ini biasanya sekaligus bermuatan kepentingan untuk membangun citra positif terhadap produk barang yang diperkenalkan ke publik. Contohnya, kampanye PT. Telkom Go Public.
Perkembangan PT. Telkom setelah menggencarkan kampanye ke masyarakat semakin berkembang, sehingga banyak orang mengenalnya. saat ini PT. Telkom bekerjasama dengan gojek sehingga kapitalisasi modal semakin besar
• Candidate Oriented Campaigns
Kampanye yang berotientasi pada kandidat. Umumnya dimotivasi karena hasrat untuk kepentingan politik. Misalnya, kampanye pemilu, kampanye penggalangan dana bagi partai politik, dan sebagainya.
contoh: Kampanye pengenalan salah satu calon kandidat presiden 2024, yaitu Ganjar Pranowo. setelah melakukan kampanye pengenaln melalui berbagai media nama Ganjar Pranowo semakin dikenal di masyarakat. di berbagai survei nama Ganjar Pranowo menduduki posisi pertama dari berbagai calon kandidat yang ada.
• Ideologically Or Cause Oriented Campaigns
Jenis kampanye yang berorientasi pada tujuan-tujuan yang berdifat khusus dan sering kali berdimensi sosial atau social change campaigns (kotler), yaknis kampanye yang ditunjukan untuk menangani masalah-masalah sosial melalui perubahan.
contoh: kampanye bian (bulan imunisasi anak). setelah kampanye bian di gencarkan oleh pemerintah melalui sekolah dasar di seluruh indonesia. kesenjangan imunitas anak di secara nasional semakin membaik, kampanye bian ini meliputi kegiatan imunisasi tambahan (campak dan rubela) dan imunisasi kejar (OPV,IPV,OVP,IVP,DPT,HB,Hib)
b. jenis kampanye berdasarkan isinya dapat dibedakan:
• Kampanye Positif
Kampanye yang berisi pengenalan tentang produk atau seseorang. Pada umumnya informasi yang disampaikan tentang hal-hal baik saja.
contoh:
produk : Otomotif Toyota memiliki keunggulan mesin yang handal, irit bahan bakar, mesin yang awet, pelayanan after sale nya yang baik, tersedianya cabang diseluruh indonesia sehingga memudahkan dalam pelayanan, ketersediaan sparepart yang mudah di dapat. sampai saat ini toyota menjadi perusahaan otomotif nomer 1 yang terpercaya di Indoneia.
Individu contoh: Bapak Jokowi dikenal sebagai putera daerah dari solo. selain sebagai pengusaha beliau dikenal juga sebagai walikota 2 priode, menjabat menjadi gubernur DKI Jakarta, karna kinerja yang bagus masyarakat pun memilih beliau menajadi presiden. survei saat tentang kepuasaan masyarakat terhadap kinerja presiden mencapai 80% lebih. artinya bapak Jokowi menjadi putera daerah terbaik dari solo sekaligus putera terbaik indonesia.
• Kampanye Negatif
Kampanye negatif biasanya dilakukan oleh kompetitor dimana isi kampanyenya menyampaikan tentang kekurangan produk atau seseorang. Pada umum nya kampanye negatif ini berdasarkan data dan fakta yang sudah terjadi.
Contoh: persainhan produk a dan b. produk a menyebut produk nya memiliki keunggulan kemudian produk a membandingkan kompetitor nya, yaitu produk b memiliki kekurangan-kekurangan. misalnya dalam komposisi, bahan, kegunaan, kemasan dll. misalnya produk air kemasan a dan air kemasan b. sampai saat ini persaingan air dalam kemasan masih berjalan.
• Kampanye hitam. Kampanye hitam adalah kampanye yang bertujan untuk membunuh karakter seseorang atau produk yang menjadi kompetitor. namun, informasi yang kampanye hitam sampaikan adalah fitnah, kebohongan atau tuduhan tanpa bukti
contoh: Bapak Jokowi dituduh sebagai anak keturunan PKI dan menggunakan ijazah palsu oleh lawan politik nya atau kompotitor nya. padahal semuanya itu tidak terbukti, jelas dalam persayratan ketika mencalonkan dalam pemilihan walikota,gubernur kemudia presiden semuanya sudah terferifikasi oleh badan legalitas yang benar-benar kompeten. sampai saat ini apa yang dikampanyekan hitam pihak lain kepada bapak jokowi tidak terbukti, bahkan yang menuduh malah terkena pasal pidana.
Komentar
Posting Komentar